Posted by: zackygharaidz | January 3, 2012

Keistimewaan Cincin Api Pasifik

Halo, saya dinisi akan seputar memberikan informasi tentang Cincin Api.

Semua akibat, keistimewaan, dan keindahannya. Seharusnya Indonesia bangga, karena Indonesia benar-benar kaya dengan sumber daya alam dan lain-lain. Indonesia sangatlah mengagumkan!

Indonesia memiliki sebanyak 17.000 pulau dan 81.000 meter panjang pantai atau nomor dua terpanjang dunia, serta memiliki jumlah penduduk sekitar 234 juta jiwa atau nomor empat di dunia. -Kompas.com

Dari sebanyak sekitar 129 gunung api di Indonesia, atau 13 % gunung api di dunia terbentang dari pulau Sumatera menyusuri pulau Jawa kemudian menyeberang ke Bali, Nusa Tenggara hingga bagian timur Maluku dan berbelok ke utara pulau Sulawesi.

Atau melingkari Kepulauan Indonesia sehinnga dikenal dengan sebutan lingkaran api (The Ring Of Fire) Indonesia. -Dr Surono, Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi

Gunung berapi di Indonesia adalah yang terakftif diantara tempat lainnya yang termasuk dalam Ring Api Pasifik. Mereka terbentuk dari daerah sub bagian antara lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia. Beberapa dari gunung berapi mencatatkan letusannya, misal, Krakatau yang meberikan efek global pada 1883.

Masing-masing lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia dan lempeng Pasifik, tumbukan ketiga lempeng tersebut pada akhirnya membentuk rangkaian gunung api di Indonesia.

Dijelaskan, kawasan ini menjadi arena benturan antara lempeng Indo-Australia yang bergerak ke utara terhadap lempeng Pasifik yang relatif bergerak ke arah barat.

Sehingga kepulauan Indonesia dihimpit oleh dua pergerakan, terdiri ke utara dan ke barat dengan kecepatan berkisar 4-6 cm per tahun, maka lempeng yang berbenturan tersebut menunjang tepat di bawah kepulauan Indonesia dan memberi peluang kepada magma merayap naik, persis diatas Nusantara dan membentuk banyak pulau. -skyzerx@blogspot

Jika dilihat dari sisi bencana, diakuinya seluruh pelosok Nusantara termasuk Provinsi Sulut merupakan daerah rawan bencana, baik disebabkan karena gempa bumi, gunung meletus, banjir bandang, maupun bencana tsunami.

Terimakasih sudah membaca.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: